Visi, misi, dan tujuan sekolah merupakan arah dan panduan bagi setiap warga sekolah dalam melaksanakan seluruh aspek kegiatan di sekolah. Seluruh warga sekolah baik kepala sekolah, pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik harus memahami dan menjiwai visi dan misi sekolah agar dapat berjalan beriringan untuk dapat mencapai satu tujuan yang sama. Melalui visi dan misi yang diterjemahkan dalam setiap aspek kegiatan, sekolah diharapkan mampu menghasilkan lulusan berkualitas sesuai amanat tujuan pendidikan nasional. Untuk SMA Negeri 2 Bireuen visi dan misi disusun untuk lingkup sekolah, sedangkan tujuan disusun untuk lingkup program keahlian berdasarkan analisis kebutuhan dunia kerja.
Visi
Kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada disekolah. Sekolah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Perkembangan dan tantangan itu diataranya: (1) perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, (2) globalisasi yang sangat cepat, (3) era informasi, (4) pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia, (5) berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, (6) dan era perdagangan bebas.
Tantangan sekaligus peluang itu harus direspon oleh sekolah, sehingga visi sekolah diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tidak lain merupakan citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan dimasa datang. Adapun visi sekolah SMA Negeri 2 Bireuen adalah sebagai berikut:
” Mewujudkan sumber daya manusia unggul, berbudaya, beriman dan bertaqwa serta mampu bersaing di era globalisasi.”
Indikator Visi
Terwujudnya Lulusan Unggul dalam prestasi, budaya, berdasarkan iman dan taqwa, serta mampu bersaing di era globalisasi dengan penerapan teknologi terkini dan inovasi yang berkelanjutan.
Visi tersebut diatas mencerminkan cita-cita sekolah yang berorientasi kedepan dengan dengan indikator:
- Memiliki keimanan dan ketaqwaan, budi pekerti dan akhlak mulia.
- Memiliki kecintaan terhadap bangsa dan Negara Indonesia.
- Memiliki kecintaan terhadap budaya daerah.
- Memiliki semangat untuk meraih prestasi secara berkelanjutan.
- Memiliki rasa solidaritas dan toleransi terhadap keanekaragaman bangsa Indonesia.
- Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Memiliki sikap kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif.
- Memiliki kemandirian belajar dan berorganisasi.
- Memiliki kecintaan terhadap budaya membaca dan menulis dimanapun berada.
Misi
Untuk mencapai visi tersebut, maka SMA Negeri 2 Bireuen Menetapkan Misi sebagai berikut:
- Membentuk peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Mengembangkan karakter peserta didik untuk mencintai tanah air
- Membentuk peserta didik yang mampu mengembangkan potensi daerah
- Membangun karakter peserta didik menjadi pembelajar sepanjang hayat mengembangkan rasa solidaritas dan toleransi peserta didik melalui kegiatan intrakulikuler maupun ekstrakulikuler
- Meningkatkan pembelajaran yang dapat mengembangkan peserta didik yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.
- Mengebangkan pribadi peserta didik yang disiplin, teliti, tekun, mandiri, kreatif dan kolaboratif melalui intrakulikuler dan ektrakurikuler.
- Mengembangkan karakter peserta didik (life skill) melalui kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler
- Peserta didik mengembangkan karakter melalui pembelajaran yang berbasis kearifan lingkungan dan pengembangan kultur sekolah
- Mengembangkan potensi diri peserta didik menjadi manusia yang tangguh menghadapi persaingan global.
- Menumbuhkan rasa solidaritas antar sesama peserta didik
Tujuan
Tujuan SMA Negeri 2 Bireuen dengan melandaskan dari visi dan misi yang telah ditetapkan antara lain sebagai berikut:
- Kemampuan akademik peserta didik meningkat sehingga dapat menguasai semua Capaian Pembelajaran yang ditentukan
- Prosentase perserta didik yang diterima di Perguruan Tinggi sebesar 70 % dari jumlah peserta didik yang mendaftar
- Bakat dan potensi peserta didik meningkat melalui program pengembangan diri.
- Jumlah peserta didik yang mengikuti kompetisi pada setiap lomba di tingkat daerah, nasional maupun internasional meningkat menjadi 50%
- Karakter peserta didik yang cerdas dan terampil dalam kegiatan akademik meningkat yang ditunjukkan dengan kebiasaan berpikir kritis dan cara memecahkan masalah yang dihadapi. Karakter dewasa, mandiri dan sadar lingkungan ditunjukkan dengan terwujudnya pembiasaan bertindak sesuai norma kehidupan/regulasi yang ditetapkan.
- Pemenuhan sarana prasarana yang mendukung dalam proses pembelajaran.
- Kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan dalam perkembangan informasi, komunikasi dan teknologi yang berwawasan lingkungan;
- memberikan pelayanan dengan ramah, cepat, akurat, akuntabel, berbudaya dan berkarakter baik yang ditunjukkan dengan hasil Indeks Kepuasan Masyarakat dalam kategori BAIK;
- Budaya warga sekolah untuk gemar membaca, hidup bersih dan sehat, antikorupsi, antinarkoba, dan berwawasan lingkungan berjalan dengan baik ditunjukkan dengan mengikuti literasi 15 menit sebelum pembelajaran,
- Pelaksanaan ibadah dan penerapan nilai-nilai religius di kehidupan sehari-hari